PKKMB Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Gentiaras Aktualisasi Menuju Kampus Laudato Si

 

Foto bersama para peserta PKKMB 2023


Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Gentiaras melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 28 sampai 29 Agustus 2023. PKKMB yang diikuti mahasiswa baru dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Tema yang diusung pada PKKMB tahun 2023 adalah “Membentuk Insan Muda yang Berilmu, Berkarakter Unggul, dan Peduli terhadap Lingkungan di Era Society 5.0”. PKKMB dibuka oleh Ketua STIE Gentiaras Dr. Andy Fitriadi Dharma Tilaar S.E., M.M., yang ditandai dengan penyematan nametag peserta bertempat di Aula STIE Gentiaras Bandar Lampung.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan seluk-beluk kehidupan kampus, mulai dari Visi dan Misi STIE Gentiaras, fasilitas dan layanan kesehatan, hingga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menawarkan tempat penyaluran potensi berbagai macam minat dan bakat para Mahasiswa.

Narasumber yang hadir dalam PKKMB ini diantaranya: Wakil Ketua I Bidang Akademik, Wakil Ketua II Bidang Keuangan, Ketua Program Studi Akuntasi, Dosen Gentiaras, Kepala Perpustakaan, dan Animator Laudato Si Indonesia. Materi yang disampaikan berorientasi pada etika, dinamika kampus dan proses belajar mengajar di lingkungan perguruan tinggi.

Secara umum materi kegiatan PKKMB terdiri dari :

1.      Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara

      Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia

3.      Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

4.   Pengembangan karakter mahasiswa agar mampu mempunyai sikap sebagai intelektual, antikekerasan seksual, anti perundungan, antinarkoba, antikorupsi, kampus sehat.

5.      Pengenalan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L)

6.      Sarana Prasarana dan Pelayanan Kampus

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa STIE Gentiaras Vincentia Vika, mengatakan PKKMB 2023 memiliki makna tema untuk membentuk mahasiswa berilmu, berkarakter unggul dalam sikap dan peduli terhadap menjaga dan melestarikan lingkungan agar bumi tetap sehat, sekaligus melalui tema ini mengenalkan mahasiswa kepada kampus menuju kampus Laudato Si.

Lanjut dikatakan, tujuan dilaksanakannya PKKMB ini untuk mengenal lebih dalam tentang kampus STIE Gentiaras dan dalam PKKMB ini bertujuan membentuk mahasiswa baru menjadi insan yang berilmu, ber-atitude, dan bermoral serta dapat peduli terhadap lingkungan, aktualisasi kampus menerapkan Laudato Si dicontohkan dengan tidak memakai banner, membawa kotak makan sendiri. Harapannya mahasiswa baru dapat mendukung program kampus STIE Gentiaras menuju kampus Laudato Si.

Ketua STIE Gentiaras Dr. Andy Fitriadi Dharma Tilaar, S.E., M.M mengatakan, hal yang melatarbelakangi kampus untuk melaksanakan PKKMB adalah bagaimana memunculkan ide-ide baru dan kreatif dari  mahasiswa, merubah pola pemikiran dasar dari siswa SMA/SMK menuju mahasiswa. Kemudian memperkenalkan bagaimana kehidupan kampus sebagai civitas akademika yang berbeda dengan pola-pola SMA/SMK.

Kegiatan PKKMB wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru di lingkungan STIE Gentiaras. Hal ini penting dilakukan agar setiap mahasiswa mempunyai kesiapan lebih dini untuk beradaptasi dalam proses pembelajaran. Disamping itu telah menjadi ketetapan bahwa setiap lulusan dapat mengikuti wisuda apabila telah dinyatakan lulus dalam kegiatan PKKMB. Oleh karena itu hendaknya mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini karena Pengenalan Kehidupan Kampus merupakan bagian dari budaya akademik. “Melalui budaya akademik kita akan mampu meningkatkan daya saing bangsa,” imbuhnya

Hari pertama PKKMB diisi dengan pemaparan materi oleh beberapa narasumber di internal STIE Gentiaras dengan materi Perguruan Tinggi di Era Society 5.0, kemudian hari kedua diisi dengan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Kemahasiswaan dilingkungan STIE Gentiaras.

Perwakilan UKM Karintas, Theresia Sitanggang mengatakan bahwa “PKKMB tahun 2023 berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini kegiatan sudah tidak lagi disebut MOMBA berubah menjadi kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru)  dimana pihak kampus mengikuti dan menyesuaikan dengan arahan Dikti. Jargon yang digaungkan adalah GENTIARAS SOLUSI CERDAS.”

Mario Aditya salah satu perwakilan dari mahasiswa baru menyampaikan ketertarikan dengan salah satu materi “Pengembangan karakter mahasiswa agar mampu mempunyai sikap sebagai intelektual, antikekerasan seksual, anti perundungan, antinarkoba, antikorupsi, kampus sehat.Materi disampaikan oleh Filiae Marry S.IP.,M.M, disampaikan bahwa saat ini semakin maraknya kejadian-kejadian yang anarki dan berbau pornografi. Oleh karena itu memang sangat penting ada penyuluhan dan pendampingan secara emosional dan juga harus bertahap agar para mahasiswa semakin mampu mengendalikan diri dan juga bisa menjaga diri dengan baik dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ucapan terimakasih untuk Kampus STIE Gentiaras karena telah menerima kami sebagai mahasiswa baru, acara yang dibuat sudah sangat luar biasa baik dan tentunya sangat mendidik. Untuk kakak yang telah berproses dan selalu memberikan pendampingan, saya juga mengucapkan terimakasih dan tetap semangat kakak semuanya. Tak lupa untuk para dosen yang telah memberikan materi dan juga berbagi pengalamannya sungguh sangat berkesan dan sangat luar biasa menambah inspirasi dan juga membuat diri saya lebih kuat. Terimakasih saya ucapan untuk para dosen, semoga kedepannya saya dapat berproses dan tumbuh bersama-sama dengan para dosen menjadi lebih baik. Semangat Terus untuk para Dosen, pungkasnya.

 

Selamat Datang Mahasiswa Baru

Terus Melaju Untuk Indonesia Maju

 

Penulis : Juanina Eurica Sugesti Gomes

Editor : Victoria Ari Palma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Mahasiswa STIE Gentiaras Berkolaborasi Selenggarakan Workshop Desain Grafis

UKM Olahraga dan UKM Bidang Seni Proudly Present Sport and Art Competition - SAC IV 2023