Himpunan Mahasiswa Akuntansi STIE Gentiaras Selenggarakan Seminar PROAKSI

Bandar Lampung, 14 Januari 2023 - Himpunan Mahasiswa STIE Gentiaras Mahasiswa menyelenggarakan Seminar Profesi Akuntansi Mahasiswa Gentiaras dengan tema “How To Grow Accounting Skill in 5.0”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula STIE Gentiaras. Pembicara dalam seminar tersebut adalah Ibu Victoria Ari Palma Akadiati, S.Pd., Ak., M.S.Ak., CA, Asean CPA selaku dosen STIE Gentiaras dan Bapak Hidayattullah., S.E., M.Si., M.Kom., Ak. , CA., CPA., CIISA., CDMP selaku Co-Founder PT Auditor Indonesia Network. 

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Ibu Imelda Sinaga S.E., M.M., M.S.Ak., Ak., CA selaku ketua prodi Akuntansi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa seorang Akuntan harus mempunyai kemampuan komunikasi, keterampilan berpikir dalam menyelesaikan masalah, kekuatan kerja tim, bagaimana mengelola informasi yang benar untuk mengambil keputusan, keterampilan wirausaha, etika moral dan profesionalisme. Karena seorang Akuntan akan berhadapan dengan client dan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. 

Materi yang pertama yaitu Karir dan Kualifikasi Akuntansi yang dijelaskan oleh Ibu Victoria Ari Palma Akadiati, S.Pd., Ak., M.S.Ak., CA, Asean CPA. Kedatangan teknologi yang semakin canggih seiring perkembangan jaman dapat menjadi ancaman bagi bidang akuntansi apabila seorang akuntan hanya berpikir pendek dan tidak mengikuti perkembangan yang ada. Teknologi yang ada di era sekarang ini bukanlah penghalang bagi bidang akuntansi, namun sebaliknya, teknologi yang ada dapat dimanfaatkan oleh seorang akuntan dalam melaksanakan tugasnya sehingga dapat dikerjakan dengan lebih cepat. Beliau mengatakan bahwa seorang Akuntan sangat berkaitan erat dengan teknologi. Akuntan tidak dapat digantikan oleh teknologi tetapi teknologi membantu akuntan dalam mempersiapkan dan mengaudit laporan keuangan. "Dampak teknologi didunia bisnis yaitu teknologi dapat membantu penggunanya untuk mempertahankan bisnisnya, dapat memberikan informasi yang akurat dan handal, dapat mengurangi penggunaan tenaga kerja manusia karena semua sudah dikerjakan oleh sistem" ujarnya. 

Materi kedua dijelaskan oleh Bapak Hidayattullah., S.E., M.Si., M.Kom., Ak. , CA., CPA., CIISA., CDMP. Beliau mengatakan untuk menjadi seorang auditor dibutuhkan hard skill dan soft skill. Hard skill yang harus dikuasai yaitu Ms Office Expert, General Accounting Software (myobe, accurate), General Audit Software (ATLAS, ACL), Data Analytics (Tableu, Power BI) dan Digital Marketing (SEO, SEM, webdev). Soft skill yang harus dikembangkan adalah keterampilan berkomunikasi, keterampilan berpikir dan menyelesaikan masalah, kekuatan kerja tim, pengelolaan informasi, keterampilan wirausaha, etika, moral dan profesionalisme, keterampilan bernegosiasi dan keterampilan kepemimpinan. Hal yang diutamakan, yaitu komunikasi. 

Bapak Hidayattullah., S.E., M.Si., M.Kom., Ak. , CA., CPA., CIISA., CDMP selaku pemateri mengatakan bahwa kegiatan seminar profesi akuntansi ini sangat bagus untuk dilaksanakan agar mahasiswa/i memperoleh wawasan yang nyata. "Pesan saya teruslah belajar, apa yang saya sampaikan tadi teruslah diexplore lebih banyak, dan persiapkan diri untuk menghadapi tantangan profesi audit yang tadi sudah disampaikan" Ujarnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKMB Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Gentiaras Aktualisasi Menuju Kampus Laudato Si

Organisasi Mahasiswa STIE Gentiaras Berkolaborasi Selenggarakan Workshop Desain Grafis

UKM Olahraga dan UKM Bidang Seni Proudly Present Sport and Art Competition - SAC IV 2023