STIE GENTIARAS TELAH MENGOPTIMALKAN PERAN SERTA DALAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DIBIDANG PERPAJAKAN BERBASIS UMKM


Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Hal ini diimplementasikan oleh STIE Gentiaras yang bekerja sama dengan DPD IWAPI Lampung yang mengangkat tema “Pelatihan dan Pendampingan Pengisian SPT Tahunan UMKM Sebagai Kekuatan SDM DPD IWAPI Lampung”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tangal 16 Oktober 2021 yang berlokasi di aula lantai 2 STIE Geniaras Jl. Purnawirawan No. 14 Bandar Lampung dan diikuti oleh anggota DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Lampung.

Dilaksanakannya kegiatan ini mengingat pentingnya membayar pajak bagi pelaku usaha dan bertujuan agar para pelaku usaha UMKM dapat mengisi dan melaporkan SPT tahunan UMKM. Pemateri kegiatan ini diantaranya adalah Agnes Susana Merry Perwati S.E., M.M., Imelda Sinaga S.E.,M.M.,M.S.Ak.,Ak.,CA., Dra. Diana Amisani,M.Lib., Victoria Ari Palma S.Pd., M.S.Ak.,Ak.,CA.

“Pengisian SPT ini sangat penting untuk dilakukan terutama bagi pelaku UMKM, yang berguna untuk meningkatkan kredibilitas usaha, mempermudah urusan administrasi, membuat perencanaan keuangan usaha lebih baik. Selain itu dengan kesadaran dalam pengisian dan pelaporan SPT UMKM dapat bermanfaat bagi pemerintah Indonesia, salah satunya pembayaran pajak dapat digunakan sebagai alat stabilitas ekonomi dalam berbagai kondisi,” ujar Ibu Victoria Ari Palma S.Pd., M.S.Ak.,Ak.,CA.

Natalia Catur Wulan Sari selaku panitia mengatakan, “ketika saya ditunjuk untuk menjadi panitia dalam kegiatan itu tentu saya merasa sangat senang, karena saya bisa belajar mengenai pajak. Apalagi saya sudah semester 5, saya merasa saya bisa start duluan untuk belajar dari teman-teman yang lain mengenai SPT 1770 dan 1771, disamping saya menjalankan tugas saya sebagai panitia saya bisa belajar. Bisa bertemu dengan bapak ibu dari DJP Bengkulu dan Lampung itu tentu hal yang membuat saya bangga. Kegiatan ini relevan dengan perkembangan dunia sekarang, terutama dunia pajak yg sekarang semua serba online. Jadi memang dibutuhkan pengenalan sistem perpajakan itu kepada masyarakat. Jadi harapan untuk kedepannya bisa diadakan lagi mengenai kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema yg lain tentu yg relevan. Kesan saya, ini kegiatan yang sangat luar biasa, disaksikan secara langsung oleh pihak DJP itu agak deg-degan ya, tapi ternyata dari pihak DJP semua baik-baik orangnya, dan ikut menjelaskan mengenai pajak. Merasa terkesan sekali mendapat materi dari DJP itu sendiri.”


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKMB Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Gentiaras Aktualisasi Menuju Kampus Laudato Si

Organisasi Mahasiswa STIE Gentiaras Berkolaborasi Selenggarakan Workshop Desain Grafis

UKM Olahraga dan UKM Bidang Seni Proudly Present Sport and Art Competition - SAC IV 2023