Seminar Jurnalistik "Meningkatkan keterampilan di bidang jurnalistik di masa pandemi dan bagaimana menampik berita hoax"

 


Unit kegiatan mahasiswa (UKM)  Kreasi Dan Informasi Gentiaras (Karintas) , Pada hari minggu, 25 Oktober 2020 melaksanakan kegiatan webinar jurnalistik dengan tema "Meningkatkan keterampilan di bidang jurnalistik di masa pandemi dan bagaimana menampik berita hoax" secara virtual media zoom. Pemateri dari acara webinar ini adalah Saudara Vinsencius Soma Ferrer beliau bekerja menjadi seorang jurnalis Tribun Lampung, oleh karena itu webinar kali ini dibahas tuntas oleh Saudara Vinsencius Soma. Peserta dalam webinar kali ini berjumlah 157orang, yang berasal dari mahasiswa gentiaras maupun mahasiswa dari luar ,ada pula mahasiswa dari luar bandar Lampung dan kami mengundang para pelajar SMA/SMK dan terkhusus kepada teman- teman LPM dari bandar lampung dan juga para dosen kampus STIE Gentiaras yang sudah hadir dalam webinar ini. Acara  Webinar ini berjalan dengan lancar. Semua peserta antusias dalam mengikuti webinar jurnalistik sampai akhir acara webinar selesai.

Kegiatan webinar ini di selenggarakan di akibatkan sedang merebaknya pandemi covid 19 dari bulan maret sampai saat ini, Hal ini membuat media menjadi sorotan terbesar, dan banyak sekali media menyajikan berita hoax. Theresia Dhian Kusumawati selaku WK 3 mengatakan bahwa “Dengan munculnya berita hoax akan menimbulkan kemarahan, kebencian, dan pada akhirnya akan merusak moral dan mental para penurus bangsa saat ini, Sehingga pada saat pandemi ini juga kita mendapatkan informasi berita melalui gadget, maka dari itu kita harus teliti dalam membaca dan bisa memilah berita mana saja yang bisa dipercaya sehingga kita tidak dapat terpengaruh atau terprovokasi atas berita hoax tersebut”.

Pesatnya kemajuan media informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan. Media cetak maupun elektronik pun saling bersaing, sehingga kita sebagai penurus bangsa dituntut kreativitasnya dalam penyampaian informasi. Penguasaan dasar-dasar pengetahuan jurnalistik merupakan modal yang amat penting manakala kita terjun di dunia ini. Keberadaan media tidak lagi sebatas penyampaian informasi yang aktual kepada masyarakat, tapi media juga mempunyai tanggung jawab yang berat dalam menampilkan fakta-fakta untuk selalu bertindak objektif dalam setiap pemberitaannya.  

Maylina Sulistyas Ningrum selaku Ketua Umum UKM Karintas Mengatakan bahwa “Tentunya setiap orang punya sebuah  harapan ingin bisa meningkatkan keterampilan dibidang jurnalistik . Jurnalistik telah banyak memberi kontribusi bagi perkembangan media massa. Berkat jurnalistik, kemajuan teknologi bisa dibaca oleh banyak orang dan memberi banyak manfaat terutama untuk pengembangan skill. Di tengah pandemi covid-19 ini, media memiliki peran penting dalam mengikuti perkembangan wabah dengan informasi yang dapat diandalkan dan melakukan klarifikasi fakta dari informasi tersebut

Namun pada saat ini banyaknya media yang beredar dan menyajikan berita hoax atau berita bohong. Dan ini sudah menyimpang dari kode etik kejurnalistikan dan pastinya akan membuat masyarakat yang menerima berita akan semakin bingung dan bisa menjadi salah satu perselisihan dalam menampik berita

Vincensius soma ferrer selaku pemateri mengatakan bahwa “ dalam mencari informasi berita, kita harus teliti dan cermat dalam membedakan antara berita hoax dengan berita benar-benar rill/nyata, ciri-ciri berita hoax diantaranya berasal dari sumber yang tidak jelas.

Oleh sebab itu para peserta, baik dari mahasiswa maupun pelajar perlu mengetahui bagaimana menjadi terampil dalam mengolah berita, dan dapat menganalisa berita dimasa pandemi ini secara bijak. Hal ini perlu diperhatikan bahwa media komunikasi memiliki peran penting dalam perkembangan wabah. Dengan informasi yang dapat diandalkan dan melakukan klarifikasi fakta dari informasi tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKKMB Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Gentiaras Aktualisasi Menuju Kampus Laudato Si

Organisasi Mahasiswa STIE Gentiaras Berkolaborasi Selenggarakan Workshop Desain Grafis

UKM Olahraga dan UKM Bidang Seni Proudly Present Sport and Art Competition - SAC IV 2023